Monday, April 9, 2012

Android : Istilah dan Tips&Trick


ISTILAH DI ANDROID

Banyak istilah-istilah yang mungkin asing bagi kita, sepert ROM, Kernel,ROOT,Super user dan lain-lain, maka dari itu ane mencoba mengumpulkan semua yang berkaitan degan istilah-istilah di android. jangan males baca ya.


1.Root

Pengertian Root Android

Fungsi root Android adalah untuk memberi hak penuh kepada pengguna Android untuk dapat masuk ke sistem Android. Dengan melakukan Root, pengguna dapat menambah, mengurangi maupun memodifikasi file-file atau data-data yang terletak pada sistem Android yang bila dalam keadaan standar (belum root) file-file tersebut tidak dapat di akses. Bila dianalogikan sistem operasi komputer Windows, fungsi root Android adalah memberikan hak administrator kepada pengguna.

Dengan melakukan root Android tidak serta merta akan menaikkan performa atau kemampuan ponsel Android. Rooting Android sama seperti “membuka pintu” bagi Anda untuk mengembangkan sistem operasi ini.

Kenapa pengembang sistem operasi Android tidak memberikan akses root sejak awal?

Hal ini bertujuan untuk melindungi sistem operasi Android secara keseluruhan. Jika pengguna secara tidak sengaja maupun sengaja mengubah atau menghilangkan satu atau beberapa file sistem, maka dapat menyebabkan kinerja handphone atau tablet menjadi tidak stabil, rusak dan yang paling parah brick atau handphone tidak dapat menyala, oleh karena itu pengembang Android membatasi akses ke file sistem.

Kelebihan Dan Kekurangan Root Android

Kekurangan Root Android:

Kekurangan Root Android #1: Dapat menghilangkan garansi handphone

Kenapa rooting Android dapat menghilangkan garansi? Root itu diibaratkan seperti “segel garansi”. Analoginya seperti ini, apabila Anda membeli komputer buatan pabrik (bukan komputer rakitan), biasanya akan dilengkapi dengan segel atau stiker garansi. Segel ini biasanya akan rusak bila kita membuka casing computer.

Jika kita ingin meningkatkan kemampuan komputer, misalnya dengan mengganti kartu grafis komputer dengan yang lebih baik, otomatis kita harus membuka casing komputer dan secara otomatis akan merusak segel garansi. Apakah dengan membongkar casing akan menyebabkan komputer menjadi rusak? Tentu saja tidak.

Namun, jika terjadi kerusakan apakah akan menghanguskan garansi? Sudah jelas, karena pihak service center melihat bahwa segel garansi telah rusak dan memberi vonis bahwa komputer rusak karena dibongkar, padahal kerusakan disebabkan faktor lain.

Sama halnya dengan root Android. Jika HP Anda mengalami kerusakan, misalnya speaker tidak berbunyi dan Anda membawa ke Service Center dengan kondisi ter-root, maka ada kemungkinan klaim garansi akan ditolak dan dikatakan bahwa ponsel rusak akibat proses root, padahal sebenarnya tidak.

Namun sebenarnya Anda tidak perlu terlalu khawatir, berbeda dengan segel garansi, proses root dapat dibalikkan atau ponsel dikembalikan ke kondisi awal. Proses ini dinamakan Unroot. Jika proses unroot dilakukan, maka secara otomatis garansi akan berlaku kembali.

Catatan: Bila ingin membawa HP ke service center, selain dilakukan unroot, sebaiknya lakukan juga factory reset (menghilangkan semua data dan aplikasi yang terinstall)

Kekurangan Root Android #2: Masalah keamanan

Sebenarnya untuk yang satu ini masih menjadi perdebatan. Dikatakan bahwa dengan melakukan Root, maka aplikasi-aplikasi malware seperti virus atau Trojan dapat dengan mudahnya masuk ke file sistem dan melakukan pengrusakan atau melakukan pencurian data-data pengguna.

Namun demikian, sebenarnya walaupun HP tidak di root, apabila pembuat virus memang “berniat jahat”, maka tanpa root pun, aplikasi virus dapat dengan mudah mengakses sistem file.

Keuntungan Root Android:

Keuntungan #1: Dapat Menginstall Aplikasi yang Membutuhkan Akses Root

Berikut adalah beberapa contoh aplikasi yang membutuhkan akses root yang paling banyak diinstall:

App2Card dan Link2SD: Dengan aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk memindahkan semua aplikasi ke SD Card.
Titanium Backup: Aplikasi ini berguna untuk membackup semua aplikasi yang terinstall. Bukan hanya itu saja, aplikasi ini dapat juga mem-back up data-data aplikasi seperti pengaturan (setting-an), dll.
Aplikasi ScreenShot: Berguna untuk mengambil screen shot dari layar handphone.
Wi-Fi tether: Aplikasi ini dapat menjadikan ponsel Android membagi koneksi internetnya melalui jaringan Wi-Fi. Catatan: pada sistem Android 2.2 Froyo keatas, aplikasi ini sudah terinstall pada handphone.’

Keuntungan #2: Dapat menginstall custom ROM

Apa itu custom ROM? Custom ROM adalah sistem operasi Android kustom (alternatif) atau bukan buatan vendor ponsel. Custom ROM dikembangkan oleh komunitas penggemar sistem operasi Android. Catatan: dengan melakukan root bukan berarti Anda dapat langsung melakukan instalasi Custom ROM, namun kebanyakan handphone Android membutuhkan akses root bila ingin diinstall custom ROM.

Keuntungan #3: Dapat melakukan pengaturan untuk memaksimalkan kinerja ponsel.

Salah satu pengaturan yang dapat dilakukan adalah overclock processor. Dengan melakukan overclock, processor dapat “dipaksa” kerja lebih cepat dari kecepatan bawaannya yang secara keseluruhan dapat meningkatkan kinerja ponsel. Namun demikian, overclock dapat memperpendek usia processor, membuat baterai lebih boros dan cepat panas dan juga ada kemungkinan menyebabkan sistem menjadi tidak stabil.

Keuntungan #4: Dapat Uninstall Aplikasi Bawaan Pabrik

Dengan melakukan root, kita dapat melakukan uninstall aplikasi-aplikasi bawaan pabrik yang tidak berguna dan hanya memenuhi memori telepon. Namun, jika Anda berniat melakukan hal ini sebaiknya berhati-hati, karena jika salah uninstall dapat menyebabkan kinerja handphone menjadi tidak sempurna. Sebaiknya jangan dilakukan bila tidak terlalu diperlukan.

Root Handphone Android – Kesimpulan

Proses Root Android berguna untuk membuka akses ke sistem Android. Keuntungan root Android secara garis besar adalah memiliki kontrol penuh terhadap handphone. Kontrol penuh tersebut bila tidak dilakukan secara hati-hati dapat menyebabkan kerusakan sistem. Jadi, jika Anda masih merasa puas atau cukup dengan kemampuan serta fasilitas handphone Android yang dimiliki, maka proses root sebaiknya tidak usah dilakukan.

2.Istilah-istilah umum di android

APK = Android Package, kyk IPA di iPhone (buat pngguna iPhone), SISdi Symbian s60 (ga tau sih skrg masih sis ap ngga), atau JAR di BB(buat pengguna BB) dan java based devices lainnya.. intinya, file2 dgnekstensi .apk bisa digunakan untuk menginstall aplikasi di androiddevice..

BRICK(ed) = kondisi dmana device sudah tidak bisa di-recover,sehingga bisa dianggap seperti batu-bata (brick) yg dapat digunakanuntuk ngelempar anjing (kalau dbutuhkan)..

adb = command buat ngejembatani perintah di android lewat pc..klo adb shell termasuk bagiannya..extensi command adb ada banyak bro, seperti adb push, adb pull, adb install dll...syarat adb bisa jalan = driver adb mesti sdh terpasang di pc...biasanya di device manager (windows) akan terlihat andoid adb composite device, driver adb biasanya dari vendor pembuat devicenya..klo nexus, htc magic, dream bisa pakai driver bawaan usb...kalo motorola milestone bisa dari cd bawaannya atau pakai motorola software update...

adb.exe = bisa di ambil dari sdk (dah include didlm android sdk)..ada di folder tools, untuk mengetahui fungsi command adb bisa dgn mengetik "adb help"

adb shell logcat = buat mengetahui proses yg terjadi diandroid, berguna banget saat experiment flashing rom...

IMAP = Internet Message Access Protocol, salah satu protocol untuk retreive email selain POP3

POP3 = Post Office Protocol 3, salah satu protocol TCP/IP port 110 dalam menarik email

Widget = salah satu aplikasi yang GUI nya lebih bersifat interaktif

GUI = Graphical User Interface , interface aplikasi yang lebih bersifat graphic (gambar ? )

GMS = Google Market Services, tempat download nya aplikasi2 di Android (kayak apps store di iphone, appworld di BB)

Root = super user di salah OS (dalam hal ini Android)

nge-root = proses untuk merubah privilage dari user biasa jadi root

Apps2SD = Proses memindahkan/menyimpan aplikasi ke SDcard selain ke
memori internal,

AOSP = Android Open Source Project,

Boot = Proses menghidupkan handheld,

Bootloader = gabungan SPL dan IPL yg menjadi dasar dr sebuah device,

Bootloader Mode - FASTBOOT load = Tombol Camera + Power, pada mode
boot ini, kita bisa meng-install image sebuah sistem yang ada/ditaruh
di SDcard dengan menekan tombol Power lagi,

Cache2SD = Proses memindahkan/menyimpan Cache dari ROM ke SDcard,

Diagnostic Mode = Tombol Capture + Power. mode boot untuk test ( pake
tombol volume untuk pilih item ),

Normal Mode : cara normal menghidupkan handheld,

OTA : Over The Air, suatu metode pengiriminan data, biasanya istilah
dipake pd aktifitas meng-update (istilah lainna mgkn download),

Recovery Mode : Tombol Home + Power, pada mode boot ini, kita bisa
membuka shell..mem-flash image..bikin Backup maupun Restore. Teken

Safe Mode : Tombol Menu + Power, boot handheld secara normal tetapi
tanpa registrasi dengan Google, makana aplikasi2 yg berhubungan
denganna gk bakalan berfungsi ( Map, Gmail account, Market, dll)


3.UPGRADE OS adalah mengubah OS yang kita punya ke os yang lebih baru untuk menigkatkan performa HH kita.
4.DOWNGRADE OS adalah mengubah os kita ke versi yang lama.
5.SUPER USER adalah hak akses penuh terhadap HH kita.Proses ini adalah hasil dari kita melakukakan ROOTING.



TIPS & TRIK ANDROID

1.INSTAL APLIKASI: Instalasi aplikasi bisa dilakukan dengan cara :
- Instal dari market langsung.
- Instal dari sdcard : caranya download aplikasi berekstensi .apk dari manapun berada, masukkan aplikasi di sdcard, lalu buka file manager yang ada di HH kita, buka file apk yang usdah kita simpan tadi lalu klik dan ekseskusi.

2.SAVE APLIKASI DARI MARKET : Biasanya kita jika melakukan instalasi aplikasi dari market master aplikasi ngga nongol, maka dari itu ada cara mudah aga aplikasi yang di instal dari market bisa jadi master dan bisa kita share ke siapapun, caranya buka market, search appsaver lalu instal, nah setelah itu jalankan aplikasinya otomatis akan ada masternya tersimpan di sdcard kita.

3.APP2SD : adalah memindahkan direktori instalasi kita dari internal memori ke eksternal memori. Namun patut di ingat bahwa tidak semua aplikasi bisa terinstal ke eksternal memori, sebagian atau semua ada yang terinstal di internal memori krn mungkin aplikasi tersebut membutuhkan direktori internal memori. Dibeberapa HH emang bisa memindahkan aplikasi ke ekternal memori tapi dengan konsekuensi kita haru mengupgrade memori ke kecepatan read/writenya ke kelas yang tertinggi, saat ini class 10, agar apabila ada proses R/W tidak mengganggu alias tidak lemot. dan Resiko kedua adalah eksternal memori biasanya berumur pendek karena kerjanya terkesan dipaksakan. Pada OS froyo ataupun Ginger Bread pemindahan aplikasi ke eksternal bisa dilakukan dengan cara setting >> aplication >> Manage aplication >> klik aplikasinya lalu move to sd card.
Bisa juga dengan aplikasi Link2SD,Move2sdEnabler, namun cara ini membutuhkan akses suer user dan kita harus expert dan setiap HH caranya berbeda-beda,oleh karena itu silakan search sesuai HH masing2.

4.GPS Global Positioning System, lengkapnya baca disini bro GPS : Hampir semua HH android mendukung namanya GPS ini, asalkan ada tanda AGPS atau Asisted GPS maka HH dipastkan bisa menggunakan aplikasi yang berhubungan dengan GPS. Apakah menggunakan GPS harus ada sinyal GSM atau koneksi internet, tentu tidak karena GPS menggunaka sistem koneksi yang langsung ke satelit, sehingga walaupun ga ada sinyal GSM atau pun internet kita bisa menggunakan GPS selama GPS kita masih nagkep sinyal satelit. Aplikasi yang umum di pakai adalah Navitel, Ndrive, Papago, Aura Sygic. Sedangkan Garmin belumm bisa di gunakan untuk android secara umum, hanya bisa di HH yang memang kerjasama dengan Garmin.

Setelah seting secara umum ini dilakukan maka brother2 semua bisa melakukan eksplorasi kecil2 an dulu, buka2 menu liat2 aplikasi biar makin kenal ama android hehehe.
Sementara ini dulu ya brother, berikutnya nanti ane tulis lagi beberap trik-trik nya., bagi yang punya pengalaman bisa di share disini biar nanti ane taruh di halaman satu, biar pada baca semuanya. Jika ada yang bertanya tentang hal2 umum silakan disini.

Semoga bermanfaat dan mohon koreksinya apabila ada kesalahan tanda baca atau pengertian atau prosesnya. Thanks

Salam android


sumber : androforum